RSS

Kemenpora Siapkan Penghargaan pada 2017

Kemenpora Siapkan Penghargaan pada 2017
Rian Nurherdian Rian Nurherdian
3/24/2017 05:50:00 PM
Kementerian Pemuda dan Olahraga akan memberikan penghargaan kepada setiap kota/kabupaten yang masuk kategori sebagai kota layak pemuda. Pemberian penghargaan itu dilihat dari langkah kongkrit pemerintahnya untuk peduli terhadap pemudanya, mulai dari regulasi, anggaran, maupun infrastruktur.
"Nanti ada nominasinya, penghargaannya seperti Piala Adipura kira-kira begitu," kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi kepada wartawan usai membuka kegiatan inisiasi Kota Layak Pemuda 2016 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Selasa (8/11/2016).
Dikatakan Imam, kegiatan yang digelar di Kota Bandung baru sekedar inisiasi. Selain kota Bandung, kata dia, ada dua kota lainnya yang juga dijadikan daerah inisiasi Kota Layak Pemuda 2016, yaitu Kota Palu, dan Kota Malang.

"Ini baru percontohan. karena 2016 ini kami baru ada inisiasi dan mendorong untuk mencari daerah percontohan," kata Imam.



Imam mengatakan, ketiga kota itu nantinya harus menjadi menjadi model bagaimana sebuah regulasi berupa peraturan daerah tentang kepemudaan. Artinya kata dia, regulasi tersebut menjadi payung bagi pemerintah daerah untuk menyisihkan APBD-nya yang dimanfaatkan untuk para pemuda di daerahnya.
"Katakanlah di Kota Bandung yang sudah menyisihkan APBD-nya sebesar tiga persen untuk para pemuda. Itu belum kegiatan di berbagai sektor," kata Imam.

Selain itu, kata Imam, ketiga kota harus bisa menyediakan ruang atau tempat ekspresi pemuda. Ia menyontohkan Kota Yogyakarta yang memiliki tempat nongkrong anak muda kreatif. Jadi di ruang itu, lanjutnya, keberadaan pemuda merasa eksis, baik figur dan slogannya
"Pada 2017 semua model itu tadi harus diterapkan di kota/kabupaten, harus, karena kita ada UU ketelibatan pemerintah daerah untuk punya kebijakan kepada pemuda," kata Imam.
Kementerian Pemuda dan Olahraga mengadakan Inisiasi Kota Layak Pemuda 2016 di Kota Bandung. Kegiatan itu diselenggarakan di Gedung Merdeka pada 8-9 November 2016.

Informasi yang dihimpun Tribun insiasi itu untuk mencanangkkan Kota Bandung sebagai Kota Layak Pemuda 2017. Adapun Kota Layak Pemuda merupakan program pemerintah dari Kementrian Pemuda olahraga Republik Indonesia.
"Program ini merupak program dimana pemerintah daerah baik Provinsi maupun Kota Kabupaten lebih memperhatikan pembinaan dan pemberdayaan pemuda di daerahnya masing-masing," kata Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Mardizal, Selasa (8/11/2016).

Kota Layak Pemuda akan diberikan atau dicanangkan pemerintah pusat jiika suatu daerah telah mencapai beberapa indikator yang ditetapkan. Indikator itu, yakni adanya perda tentang kepemudaan dan adanya ruang atau tempat ekspresi pemuda.
Indikator lainnya, yakni keaktifan organisasi-organisasi kepemudaan dan komunitas komunitas pemuda, dan kemandirian pemuda atau pemuda pelopor dalam hal UMKM.

"Setidaknya dari indikalor indikator tersebut secara umum setiap daerah wajib memenuhinya sehingga diharapkan pembinaan dan pemberdayaan pemuda lebih positif sesuai dengan harapan yang tertuang dalam UU Kepemudaan No 40 Tahun 2009," kata Jonni. (cis)
Bagikan!  

0 komentar:

Terima kasih telah mengunjungi https://lite-media.blogspot.co.id , silahkan berikan komentar terbaik anda untuk meninggalkan jejak di blog ini. :)